Minggu, 17 Juni 2012

Sistem Fungsional Bisnis II


Review 

Sitem Fungsional Bisnis adalah salah satu mata kuliah yang harus saya ambil di semester kedua ini. Nah, untuk memahami lebih jelas apa itu SFB, saya akan mereview beberapa point penting sekaligus memperdalam pemahaman saya di mata kuliah ini mulai dari materi pertama sampai akhir semester. Ada 4 point penting dalam SFB II ini, yaitu :
  • Nilai Waktu Uang
  • Anggaran
  • Akutansi
  • Analisis Lap Keuangan
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

Nilai Waktu Uang  

Materi ini lebih mengarah ke perhitungan dan rumus. Saya sempat kaget karena di SFB I kita hanya mempelajari manajemen perusahaan yang tidak ada kaitanya sama sekali dengan angka.

1.  Nilai yang akan datang

Future value (terminal value) adalah nilai uang yang akan datang dari satu jumlah uang atau suatu seri pembayaran pada waktu sekarang, yg dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu.

    • FV = P0+ SI= P0+ P0(i)(n)

2.  Nilai Sekarang (Present Value)

Nilai sekarang dari jumlah yang diperoleh di masa mendatang atau sering pula disebut dengan present value adalah nilai sejumlah uang yang saat ini dapat dibungakan untuk memperoleh jumlah yang lebih besar di masa mendatang.

    I = P.r.t
  
    P + P.r.t = P(1+rt)

    P(1+rt) = A


PV = FV / (1+i)n
Istilah yang digunakan :
Pv = Present Value (Nilai Sekarang)
Fv = Future Value (Nilai yang akan datang)
I = Bunga (i = interest / suku bunga)
n = tahun ke-
An = Anuity
SI = Simple interest dalam rupiah
P0 = pokok/jumlah uang yg dipinjam/dipinjamkan pada periode waktu

3.  Anuitas

Anuitas adalah suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. Selain itu anuitas juga diartikan sebagai kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. Contohnya adalah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen.

    Ada dua jenis anuitas:

1)      Anuitas biasa (ordinary) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya terjadi pada akhir periode

2)       Anuitas jatuh tempo (due) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya dilakukan di awal periode.

Ini adalah hasil quiz saya yang pertama , zonk sekali kawan :") bu Raras maafkan saya.

Poor Me



Anggaran

Dalam pengelolaan perusahaan, terlebih dahulu manajemen menetapkan tujuan dan sasaran, dan kemudian membuat rencana kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut. Dampak keuangan yang diperkirakan akan terjadi sebagai akibat dari rencana kerja tersebut, kemudian disusun dan dievaluasi melalui proses penyusunan anggaran.
Untuk materi anggaran kita di beri tugas presentasi tiap kelompok 4 orang dengan jenis anggaran yang akan di pilih oleh dosen. Ada beberapa jenis pengganggaran antara lain :

  • Anggaran Belian Bahan Baku
  • Anggaran Overhead Pabrik
  • Anggaran Laba Rugi
  • Anggaran Sediaan Bahan Baku
  • Anggaran Sediaan Bahan Baku dgn TPS
  • Anggaran Sediaan Produk dgn TPS
  • Anggaran Bahan Baku di Pakai
  • Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung
  • Anggaran Biaya Beban Usaha
  • Anggaran Sediaan Bahan Baku dgn EOQ
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu satu :

 Anggaran Belian Bahan Baku


Anggaran Pembelian Bahan Baku adalah Anggaran yang merencanakan secara sistematis dan lebih terperinci tentang kuantitas pembelian bahan baku guna memenuhi kebutuhan untuk produksi dari waktu kewaktu selama periode tertentu



Anggaran Overhead Pabrik

 Biaya Overhead Pabrik adalah biaya pabrik selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya Pabrik adalah biaya yang terjadi di dalam pabrik pada periode ini.


Anggaran Laba Rugi

Anggaran Laba Rugi disusun berdasarkan anggaran operasional
Langkah  menyusun anggaran laba rugi :

-Menghitung sediaan produk jadi akhir
-Menghitung  unit ekuivalen produk dengan metode  masuk pertama keluar pertama
-Menghitung biaya produk variabel
-Menghitung sediaan demean metode penghargapokokan penuh (  PP ) dan penghargapokokan variabel ( PV )
-Menyusun anggaran laba rugi

Anggaran Sediaan Bahan Baku


Anggaran Persediaan Bahan Baku merupakan suatu perencanaan yang terperinci atas kuantitas bahan baku yang disimpan sebagai persediaan.




Akutansi

Akutansi yang kita pelajari ada 3 hal yaitu :

  • MENYUSUN NERACA
  • MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN
  • MENYUSUN JURNAL PENUTUP

Analisis Lap Keuangan

Analisis Laporan Keuangan ini di gabung menjadi satu ketika kita melakukan praktikum dil lab. Dengan Aplikasi Accurate kita di bimbing oleh assisten praktikum bagaimana cara menggunakanya. Di minggu-minggu terakit ini kita melakukan pembelajaran di lab dan berdiskusi sesuai kelompok masing-masing.. Melakukan Quiz di lab dengan kemampuan menjelaskan tentang analisis transaksi yang meliputi: perkiraan & buku besar, aturan debet & kredit, bentuk dan klasifikasi dan tes cara menggunakan aplikasi accurate tersebut.

Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar dalam mata kuliah SFB II ini terasa adem tiap minggunya. DI sebabkan karena minimnya tekanan dari dosen wanita yang baik hati, cantik dan selalu ramah ini mengajar dengan santai tetapi serius. SFB II yang sebenarnya menurut saya sedikit susah karena berhubungan dengan angka terkadang bisa teratasi. Karena dosenya membuat hal tersebut menjadi semacam games yang mudah di pahami. Pernah UTS semester ini, kami sangka kami akan duduk mengerjakan soal UTS dengan kertas. Tetapi UTS untuk mata kuliah ini di kerjakan dalam games "Amazing Race" yang di lakukan oleh 1 kelompok. Proses Belajar Mengajar yang saya alami sangat berbeda di mata kuliah ini. Acung jempol untuk Bu Raras, the best ever. Super Baiknya :D

Motivasi

Saya merasa mengalami peningkatan motivasi sejak mempresentasikan materi anggaran yang dimana kelompok saya mendapat materi "Anggaran Beban Usaha". Di kelas itu kami membuat suasana lebih berbeda dengan membuat beberapa peraturan selama kami berpresentasi. Alhasil kami mendapatkan penghargaan  "Kelompok terfavorit" dan mendapatkan hadiah dari Bu Raras :D. Thanks a lot Bu Raras !

Pin From Berlin :3



Kesulitan yang saya alami adalah ketika berhubungan dengan angka. Yaitu materi nilai mata uang dan Laporan Keuangan. Terlebih lagi Quiz lab semester ini saya tidak ada persiapan sama sekali sehingga saya tidak bisa mengerjakanya. Dan terlebih lagi, saya blank pada saat itu ._.


Perubahan dan kesan yang saya alami sangat banyak, mulai dari perubahan yang awalnya saya pesimis karena angka dan rumus-rumus di awal perkuliahan, sekarang berakhir dengan menulis di blog. Hehe tidak singkron tetapi menarik. Kesan yang saya alami selama masa perkuliahan SFB II adalah cara mengajar Bu Raras yang sangat berbeda dengan dosen lainya. Bu Raras selalu memberi perubahan, tidak monoton sehingga kami tidak bosen berada dalam kelasnya. Beliau membuat pelajar menjadi permainan yang mudah di pahami dan yang membuat saya salut adalah kesabaranya yang luar biasa. Dan saya berharap bisa bertemu degan Bu Raras lagi di semester depan :D

Saran untuk Assisten dan Bu raras . Untuk Bu Raras saya rasa tidak perlu lagi karena saya lebih suka ibu mengajar dengan cara biasanya hehe. Mungkin untuk Assisten Praktikum sewaktu praktikum lebih memperhatikan adeknya yang terkadang belum bisa hehe. Dan tidak terlalu cepat sewaktu menjelaskan. Terima Kasih :D









'





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar