Jumat, 23 Desember 2011

Sedikit mengkritik soal SI


Mendengar kata website bagi kita orang informasi mungkin sudah basi. Dan sudah terlihat jelas bagaimana keadaan website kita, itu sudah menjadi persoalan yang lama. Berhubung menurut saya tidak banyak yang saya keluhkan tentang jurusan kita , akirnya saya mengambil tema ini walau memang tidak ada untungnya bagi saya. Atau memang mungkin saya masi baru memasuki jurusan ini jadi saya tidak begitu menuntut sesuatu yang sempurna.

Ini hanyalah masalah promosi saja, bagaimana bila calon mahasiswa  yang ingin memasuki jurusan Sistem Informasi kalau tidak tau informasi yang ada di jurusan tersebut? Pasti mereka mengambil langkah awal untuk melihat website kita kan?. Mencari tau apa saja yang ada di SI, mulai dari apa itu SI , mata kuliahnya seperti apa, kegiatanya, siapa kajurnya, siapa dosennya, kapan pendaftaran, kapan pengumuman, acara tahunannya seperti apa saja dan masih banyak lagi.

SIGTS adalah usaha jurusan untuk memperkenalkan SI secara interpersonale, menjelaskan perkelas dengan detail apa yang di maksut dengan jurusan SI beserta isi-isi di dalamnya. Itu langkah yang bagus dan sangat bermanfaat untuk calon mahasiswa. Tetapi yang saya tahu, tidak semua SMA sesurabaya mendapatkan hal tersebut. 

Tentu karena banyak faktor, salah satunya adalah  SIGTS hanya memperkenalkan SMA di pusat dan di timur saja , mengikuti letak ITS yang memang berada di Surabaya timur. Itupun tidak semua surabaya timur, sekolah saya tidak pernah di datangin SIGTS, mungkin baru tahun ini yang saya tahu, faktor grade SMA juga berpengaruh, SMA yang bagus di dahulukan terlebih dahulu, di utamakan. Mungkin sudah pasti karena kita ingin generasi kita berasal dari SMA yang bagus pula. Dan masih banyak faktor lainnya.

Dari hambatan itulah, calon mahasiswa yang SMAnya tidak beruntung didatangi oleh SIGTS mencari informasi dan satu satunya cara yang paling gampang adalah membuka website kita. Tetapi kenyataanya, website kita jarang sekali update, hampir tidak pernah malah. Bahkan barusan saya mencoba membukanya tidak bisa. Sayang sekali padahal website adalah identitas kita, langkah awal untuk mempromosikan jurusan kita lewat internet, yang semua orang harusnya bisa melihat betapa bagusnya jurusan ini.

Walaupun kelihatan hal sepele, tetapi saya harapkan ada admin yang mengurus tentang website ini, yang bisa update tiap bulanya. Luangkan waktu beberapa jam tiap bulanya atau tiap minggunya untuk mengapdate apapun yang baru dalam SI agar orang yang melihat website kita juga mengerti ternyata SI itu seperti ini, seperti itu. Kalau pengurus keberatan mungkin bisa di bantu dengan maba dan mala

Dengan website ini update, bisa membatu mempromosikan jurusan kita, bisa membantu acar SIGTS yang terbatas karena beberapa faktor tadi.

Saya rasa SI adalah jurusan favorite tiap taunya. Itupun tanpa melihat website, bagaimana yang bisa melihat website dan melihat sendiri? Tidak hanya lewat omongan orang dan sebagainya. Saya harap SI kedepan untuk memperbaiki website tersebut untuk kemajuan SI kedepanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar