Selasa, 20 Desember 2011

Pentingnya Pengelolaan Kecerdasan Emosi

mampu menguasai emosi, seringkali orang menganggap remeh pada maslaah ini. padahal kecerdasan otak saja tidak akan cukup untuk mengantarkan seseorang mencapai kesuksesan. justru pengendalian emosi yan g baik menjadi faktor penting penentu kesuksesan hidup seseorang.



kecerdasan emosi adalah sebuah gambaran mental dari seseorang yang cerdas dalam menganalisa, merencanakan dan menyelesaikan masalah mulai dari yang ringan hingga kompleks. dengan kecerdasan ini seseorang akan bisa memahami, mengenal, dan memilih kualitas mereka sebagai manusia. orang yang memiliki kecerdasan emosi akan lebih bisa memahami orang lain dan mengambil keputusan secara tepat dan bijak.



kecerdasan ini juga terkait dengan bagaimana seseorang dapat mengaplikasikan apa yang telah ia pelajari tentang kebahagiaan, mencintai dan berinteraksi dengan sesamanya. ia pun akan mengetahui tujuan hidupnya dan akan bertanggung jawab terhadap segala hal yang terjadi dalam hidupnya sebagai bukti tingginya tingkat kecerdasan emosi yang dimilikinya.

kecerdasan emosi lebih berfokus pada kesukskesan hidup yang ' tidak tampak' . kesuksesan akan tercapai ketika seseorang bisa membuat kesepakatan dengan melibatkan emosi, perasaan, dan interaksi dengan sesamanya. terbukti pencapaian kesuksesan secara materi tidak akan menjamin kepuasan hati seseorang.

pada tahun 1990, kecerdasan emosi (EQ) mulai dikenal di pasar dunia. kemampuan ini lebih banyak dibuthkan untuk mengatasi problem di kehidupan daripada kecerdasan otak (IQ)

berikut beberapa saran untuk mengasah kecerdasan emosi:

1. selalu hidup dengan keberanian
latihan dan berani mencoba hal-hal baru akan memberikan pengalaman dan membuka pikiran dengan berbagai kemungkinan lain yang ada pada kehidupan.

2. selalu bertanggung jawab terhadap segala sesuatu
ini akan menjadi jalan untuk bisa mendapatkan kepercayaan seseorang dan mengendalikan kita unutk tidak mudah menyerah. "being countable is being dependable"

3. berani keluar dari zona nyaman
mencoba keluar dari zona nyaman akan membuat kita bisa mengeksplorasi banyak hal dan mengetahui hal-hal baru untuk kemudian mengolahnya secara inovatif

4. mengenali rasa takut dan mencoba untuk menghadapinya
melakukan hal ini akan membangun rasa percaya diri dan dapat menjadi jaminan bahwa segala sesuatu pasti diciptakan solusinya.

5. bersikap rendah hati
mau mengakui kesalahan dalam hidup justru meningkatkan harga diri kita.

jadi, kuasailah kecerdasan emosi anda. karena hal ini merupakan point penting untuk menentukan kesuksesan anda dan untuk menemukan kebahagiaan serta kepuasaan anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar