Senin, 19 Desember 2011

Setengah Isi Setengah Kosong



Judul buku      : Setengah Isi Setengah Kosong
Pengarang       : Parlindungan Marpaung
Penerbit          : Mutiara Qolbun Salim
Tahun Terbit    : 2008

buku ini menggunakan model ilustrasi dengan dipaparkan di depan dan pelajaran yang bisa diambil di belakangnya. suatu model pembelajaran yang lazim digunakan karena efektif untuk memberikan pemahaman terhadap suatu konteks permasalahan yang abstrak dan akan kebutuhan penjelasan yang lumayan rumit.
dengan begitu, orang akan  lebih mudah memahami dan mengamalkannya.
di dalam buku ini terdapat 63 bab bahasan hidup yang terbagi menjadi 5 kategori. yaitu, kasih sayang, komunikasi, motivasi, profesionalisme, dan sikap hidup.

keunggulan dari buku ini adalah kemampuan penulis dalam mengilustrasikan suatu problem dan pemberian solusi yang mudah dimengerti bahkan oleh masyarakat awam. dengan begitu, buku ini bisa menjadi konsumsi bagi masyarakat tingkat apapun.
mengenai kelemahannya, mungkin menurut saya adalah keaslian dari ilustasi-ilustrasinya. karena sepertinya ilustrasi yang dipakai telah banyak saya temui di buku-buku motivasi yang lainnya.

tapi terlepas dari kelemahan itu, buku ini layak untuk dibaca pemandu, pelatih ataupun fasilitator yang masih berkecimpung dalam kegiatan pengembangan SDM dan sebagainya. cara membacanya pun menurut saya tidak harus runtut mulai bab awal hingga akhir. bisa sesuai kebutuhan atau mood yang ada pada anda saat itu. untuk memudahkan mungkin bisa merujuk pada 5 kategori yang ditawarkan tadi.
Selamat membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar