Senin, 19 Desember 2011

Tetapkan Tujuan Hidupmu

banyak orang yang melakoni perannya, tetapi tidak mengerti arah hidup yang ingin ditujunya. mereke-reka hidup adalah apa yang kemudian dilakukannya. bila sesuatu hal buruk terjadi, mereka akan berdalih bahwa sedang tidak beruntung atau nasib baik tidak berpihak padanya


tidak jarang seseorang baru menyadari tujuan hidupnya ketika sudah berada pada usia tua. sangat disayangkan memang. seringkali orang tidak berani melakukan perubahan dalam hidupnya. mereka hanya menunggu, dan menunngu adanya perubahan tersebut. hingga akhirnya tujuan hidupnya tidak tercapai.

sebenarnya tidak masalah jika kita harus mengubah tujuan hidup beberapa kali. hal yang terpenting adalah setiap saat kita memiliki tujuan hidup yang ingin kita capai. dengan ambisi dan usaha yang menyertai tentunya.  sehingga setidaknya kita mengerti kemana kita  akan berjalan dan strategi apa yang akan kita ambil.

ada 4 cara yang bisa anda gunakan untuk menetapkan tujuan hidup. yaitu,
1. kenali keinginan anda
tanyakan pada diri anda sebenarnya mengenai keinginan anda beberapa tahun ke depan. tidak ada salahna untuk memasukkan mimpi mimpi anda.

2. Kumpulkan informasii
dengan mengumpulkan informasi, anda tentu akan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. jika anda menemui seseorang yang berhasil melakukan apa yang ingin anda lakukan, belajarlah dari mereka. lakukan apa yang mereka kerjakan.

3. jangan diam
lakukan sesuatu dan secara terus menerus. hal ini akan membawa anda secara konsisten menuju apoa yang anda inginkan.

4. tingkatkan kemampuan
jika ada suatu cara yang anda lakukan dan terbukti efektif dalam pendekatan kepada tujuan anda, maka tingkatkan kemampuan anda untuk menambah kecepatan kinerja dalam pencapaian tujuan tersebut.

jika keempat hal tersebut sudah dilakukan, semestinya anda telah dapat menentukan tujuan hidup serta memilih startegi dan usaha sepeti apa yang harus diambil.  sebagaimana seorang pemahat yang membuat sendiri hasil karya nya. maka anda juga sedang 'memahat' kehidupan anda sendiri. jadi semangat. tetapkan tujuan hidupmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar