Kamis, 22 Desember 2011

SAI BABA


 Shri Sathya Sai Baba. Orang india yang menganggap beliau suci. Lahir pada tangga; 23 Novemver 1926 di Puttaparthi. Nama aslinya adalah Sathyanarayana Raju. Dia berasal dari keluarga miskin biasa. Peristiwa yang mengubah hidupnya terjadi pada 8 maret 1940. Di umurya ke 14 tahun dia pernah di sengat oleh kalajengking yang memang pada saat itu banyak di daerah pedesaan. sempat koma untuk beberapa saat. Setelah kejadian itu, watak dan kebiasaanya tiba-tiba berubah. Dia menjadi anak yang suka berdiam diri, tidak mau makan dan tekun beribadah dan bermeditasi. Pada Mei 1940 dia mengumumkan dirinya sebagai reinkarnasi dari Shirdi Bada. Shirdi Bada adalah orang suci yang komunitas Hindu dan Islam India yang sehari-hari memberikan ajaran dan melakukan banyak keajaiban untuk menolong para pengikutnya.

Sai baba mulai menyebarkan ajarannya, yaitu berupa filosof Advaita Vedanta yang mengajarkan manusia untuk senantiasa mengasihi dan me;ayani sesama serta seluruh makhluk hidup. Sai baba juga melakukan keajaiban untuk membantu para pengikutnya, salah satunya adalah menghidupkan orang yang sudah meninggal, mengeluarkan abu suci dari tangannya, memunculkan barang yang sudah hilang dll.

Pengikut Baba menilai beliau sebagi orang yang suci yang datang mewartakan kebenaran. Namun, banyak juga orang yang menganggap Sai Baba sebagai seorang pembohong besar yang mengajarkan sesat. Ada yang menuduh bahwa Sai Baba mengaku dirinya adalah Tuhan. Padahal tidak demikian. Ia malah berkata " Aku tidak pernah memanggil orang untuk menyembahku. Aku datang untuk mengukuhkan nilai-nilai keajaiban, dan karena itu say atidak butuh penghormatan, sembah sujud lah kepada Tuhanmu sendiri, saya hanyalah seorang saksi, penonton yang datang untuk membikin betul penglihatanmu".

*hening*


nb : Janganlah menilai orang dari apa yang kamu lihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar